oleh

Ini Penjelasan Sertifikat MKNU Syarat Jadi Pengurus NU

Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Dr. Ulil Absar menegaskan, pelaksanaan PKPNU sejak muktamar NU ke-33 Tahun 2015, dalam pelaksanaan kegiatannya tidak ada yang terkoordinasikan dengan PBNU. Hal tersebut senada dengan Kepala MKNU Dr. Sultonul Huda, M.Si., sehari sebelumnya yang mengatakan bahwa sanad PKPNU saat ini terputus.

Lebih lanjut, Ulil yang juga salah satu pemateri dalam MKNU ke-60 ini mengungkapkan, sejak 2015 bila ditemukan kondisi PKPNU yang demikian maka sertifikatnya tidak diakui oleh PBNU. Maka sertifikatnya pun tidak bisa digunakan untuk sarana menjadi calon pengurus NU.

“Jadi pengurus NU harus memiliki persyaratan khusus, salah satunya yakni telah mengikuti kaderisasi NU. Harus mampu membuktikan foto copy sertifikat pengkaderan yang legal,” katanya di sela MKNU ke-60 di pesantren paling bersejarah tertua di Indonesia PP. Alkahfi Somalangu, Kebumen, (18/09/2018).

Lebih lanjut Ulil menegaskan, berbeda halnya antara PKPNU kondisi saat ini dengan MKNU yang terkoordinasikan dengan PBNU. Sertifikat MKNU bisa menjadi bukti pengkaderan untuk menjadi calon pengurus. Ditegaskan Ulil, hal ini merujuk pada Surat Edaran (SE) Kaderisasi tertanggal 10 April 2018 dengan nomor 1927/C.I.34/04/2018.

Ulil menjelaskan lagi, SE tersebut merupakan penjelasan PO hasil Musyawarah Nasional (Munas) NU di NTB Tahun 2017 yang menyatakan syarat menjadi Pengurus NU harus bisa membuktikan sertifikat pengkaderan yang dilaksanakan dan diakui di lingkungan NU. PO ini penegas dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NU, Bab XIII “Syarat Menjadi Pengurus”, Pasal 39 Ayat 8.

Gus Ahmad Nasrullah DZ, pengasuh pesantren Miftahul Anwar, Kebumen, menambahkan, melalui pemaparan materi dari narasumber dalam MKNU ke-60 mengatakan, MKNU sebagai syarat mutlak sebagai pengurus NU. Hal itu dikatakan didepan jurnalis di halaman acara MKNU ke-60.

“Jadi seperti yang dikatakan Kepala Madrasah MKNU dan Wasekjend PBNU, dengan merujuk AD/ART, PO dan SE Kaderisasi, saya kira jelas. MKNU syarat wajib sebagai calon pengurus,” katanya.

Kegiatan MKNU ke-60 di Pesantren Alkahfi Somalangu berlangsung meriah. Kegiatan yang diinisiasi oleh konsorsium MWCNU se-Kebumen ini diikuti oleh sejumlah pengasuh-pengasuh pesantren di Kebumen, pengurus MUI Kebumen, MWCNU se-Kebumen, dan lainnya.

Komentar

News Feed