oleh

Pentingnya Sertifikasi Profesi Bagi Tour Leader dan Tour Guide

Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia (LSP Pramindo), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Kementerian Agama menggelar workshop pengembangan skema sertifikasi pemimpin perjalanan wisata (Tour Leader) dan Tour Guide khusus biro travel umrah dan haji. Acara digelar di Sofyan In Hotel Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Bertindak sebagai narasumber adalah Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim. Selain itu sebagai narasumber Bapak Asrizal Tatang dari BNSP. Acara bergengsi ini sedikitnya diikuti oleh 40 orang tour leader yang berasal dari tour leader umrah & haji.

“Saya diundang sebagai asesor. Wajib bagi PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) untuk sertifikasi, registrasi, uji kompetensi dan lisensi. PPIU yang belum memiliki sertifikasi akan dicabut ijinnya. Hal ini sudah diatur dalam PMA No 8 Tahun 2018,” kata Gunawan Surbakti yang merupakan tour leader dengan jam terbang tinggi berkelas international.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus H. Arfi Hatim (Tengah) di Acara Workshop Sertifikasi

Workshop ini turut mengundang Ketua Umum DPP Amphuri Joko Asmoro, Ketua Umum ITLA, Ketua DPP HPI, Ketua DPD dan Sekjen Amphuri Jawa Barat. Diundang juga Ketua FBI dan Sekjen, Ketua Arminareka, Ketua Sapuhi, Pasar Wisata Halal, Himpuh dan lain sebagainya.

Sertifikasi tour leader dan tour guide sangat penting dilakukan. Mengingat kemampuan SDM yang professional untuk tavel-travel di Indonesia masih jauh dari harapan. Salah satunya sebagai upaya memberikan pelayanan dan kenyamanan yang maksimal kepada jamaah.

Komentar

News Feed