oleh

Edukasi Anggota, Asphurindo Selenggarakan Pelatihan IT Sipatuh

Jakarta —  Asosiasi Penyelenggara Haji, Umrah dan In-bound Indonesia (Asphurindo) menggelar pelatihan IT Sipatuh, Selasa (15/5/2018). Acara diselenggarakan di Gedung Indosat ooredoo, Jakarta Pusat. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan biro travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang tergabung dalam anggota asosiasi Asphurindo.

Ketua Umum Asphurindo H. Syam Resfiadi hadir langsung untuk memantau jalannya pelatihan IT Sipatuh yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Pelatihan IT Sipatuh ini juga dihadiri pejabat Kementerian Agama, yaitu Bapak Shandy Furqan Rahman, Divisi Pengawasan dan Pemantauan Umrah dan Haji Khusus Kemenag. Hadir juga dalam pelatihan ini sebagai pemateri adalah Developer Program IT Sipatuh yang digandeng oleh Kemenag, Ibu Ulfi.

Ketua Umum Asphurindo H. Syam Resfiadi dalam acara pelatihan IT Sipatuh di Gedung Indosat

Staf Sekretariat Asphurindo, Fia Yani mengatakan, pelatihan IT Sipatuh ini diikuti oleh puluhan travel anggota Asphurindo. Tujuan dari pelatihan IT Sipatuh ini sebagai salah satu langkah sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018 yang dilakukan Asphurindo kepada anggota-anggotanya.

“Yang mana sekarang ini sesuai dengan PMA No 8 2018, PPIU diwajibkan untuk login ke Sipatuh sesuai program Kementerian Agama. Pada prinsipnya kita ini samikna wa atokna dengan Kementerian Agama. Program dari Kemenag apa kita sosialisasikan kepada anggota,” kata Fia di lokasi acara.

Peserta Pelatihan IT Sipatuh Asphurindo

Fia melanjutkan, tujuan dilakukan pelatihan IT Sipatuh ini juga dalam rangka edukasi dari Asphurindo terhadap anggota-anggotanya. Bahwa regulasi PMA No 8 betul-betul dikawal dan disosialisasikan kepada PPIU atau anggota-anggota yang tergabung dalam Asphurindo.

“Kita memberikan edukasi kepada anggota terkait dengan system Sipatuh. Nantinya system akan online yakni system Sipatuh dan Asphurindo memberikan  pelatihan terhadap anggota,” imbuhnya.

Sedangkan dari Kemenag Bapak Shandy dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini sistem Sipatuh akan diterapkan kepada semua travel. Dan semua PPIU terlebih dahulu harus sudah login dalam system Sipatuh. Beliau menyampaikan sosialisasi system Sipatuh dengan baik.

Di lokasi yang sama, Ibu Ulfi yang bertindak sebagai Developer IT Program Sipatuh yang digandeng Kemenag menyampaikan cara-cara bagaimana login ke system Sipatuh. Kepada peserta pelatihan, beliau menerangkan bagaimana cara mengisi system Sipatuh, cara membuat akun dan lain sebagainya.

Peserta pelatihan dari awal sampai akhir terlihat sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan. Acara berjalan dengan lancar.

Komentar

News Feed