Bisnis Islam

Antusiasme Ngaji di Pesantren Tinggi, Kemenag Kepri Gelontorkan Bantuan

  • Reporter:
  • Sabtu, 27 Januari 2018 | 12:55
  • / 10 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 34 kali
Antusiasme Ngaji di Pesantren Tinggi, Kemenag Kepri Gelontorkan Bantuan
Ilustrasi - Foto Santri Pesantren Tertua di Indonesia, PP. Alkahfi Kebumen dalam acara Maulid Nabi

Antusiasme masyarkat Kepulauan Riau untuk belajar di pesantren dari tahun ke tahun meninggi jumlahnya. Sehingga, fenomena baik tersebut menjadi perhatian utama kerja Kanwil Kemenag Kepri. Dana bantuan untuk pesantren sebesar Rp 3 miliar pun siap digelontarkan sebagai bentuk dukungan pemerintah.
Alokasi bantuan, dijelaskan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Kepri Muhammad Syafii sebagai bentuk komitmen atas peningkatan minat masyarakat menyekolahkan anaknya di pesantren.

Dana sebesar itu digelontorkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau, diantaranya untuk pembangunan asrama, rehabilitasi asrama, dan pembangunan ruang kelas belajar.
Dijelaskan juga oleh Syafii, ada beberapa alasan orang tua memasukkan anaknya ke pesantren, di antaranya di pesantreng. anak didik diajarkan nilai-nilai keagamaan (tafaqquh fiddin), akhlakul karimah, jiwa keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah Islamiyah, dan kemandirian. “Dan di pesantren santri tidak terpengaruh dengan pergaulan bebas,” kata Syafii.

Sedikitnya, di Kepulauan Riau saat ini terdapat 46 pesantren yang memiliki izin operasional. Kemungkinan juga bisa lebih dari itu, karena sebagian juga masih ada yang mengurus izin operasional. Oleh sebab itu Syafii mengimbau kepada pengurus pondok pesantren untuk segera mengurus izin operasional ke Kemenag Kabupaten dan Kota.

Lebih lanjut dikatakan Syafii, hal itu bukan hal yang susah. Untuk mendapatkan izin operasional, ada lima unsur yang wajib dimiliki oleh pesantren, antara lain memiliki kyai atau ustadz yang mengasuh pondok tersebut, santri mukim dengan jumlah minimal 15 santri, asrama yang memadai, masjid atau musala sebagai pusat kegiatan pembelajaran, kajian kitab kuning atau dirasah Islamiyah dengan pola pendidikan muallimin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional