Bisnis Islam

Mohammad Ghozali Berharap Pesantren Memiliki Usaha

  • Reporter:
  • Jumat, 26 Januari 2018 | 20:32
  • / 9 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 42 kali
Mohammad Ghozali Berharap Pesantren Memiliki Usaha
Koperasi Pesantren Tertua di Asia, PP. Alkahfi di Kebumen

Bersamaan dengan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIPSI Kabupaten Jepara masa khidmah 2018 – 2023 yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jepara, juga terselenggara dengan Seminar Nasional bertajuk Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Untuk Kemandirian Santri yang dihadiri ratusan peserta yang berasal dari santri dan ormas di Jepara.

Sholih, Sekretaris Daerah Jepara yang mewakili bupati berharap para pengurus langsung bergerak dengan melakukan pelatihan ke sejumlah pesantren. “Ini agar lembaga pendidikan Islam semakin mandiri dalam bidang perekonomian,” katanya dalam acara tersebut, Selasa (23/1)..

Gus Sholahuddin yang memimpin seminar memberi kesempatan pertama kepada Masykuri Zainuri. Dalam paparanya, santri zaman sekarang harus mengubah cara berfikir.

Hal itu sejalan dengan yang disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Mohammad Ghozali. “Cara berpikir santri harus diubah. Apalagi momok soal modal. Bahwa usaha memang membutuhkan modal, tetapi tidak harus berbentuk uang,” katanya.

Hal tersebut dibuktikannya lantaran selama nyantri, Ghozali pernah menjual kitab kuning door to door. “Juga menjual susu kedelai pada saat ada kegiatan, juga pernah rental komputer,” kenangnya.

Karena itu Ghozali menekankan pesantren sudah saatnya mempunyai usaha sesuai dengan kemampuan. Secara khusus, ia menyebutkan Pesantren Sidogiri Pasuruan sebagai pesantren maju dengan usaha yang digeluti. Disebutkannya, salah satu usaha yang dimiliki Sidogiri adalah minimarket yang berjumlah 100 outlet.

Tampil pula sebagai narasumber dari Bank Sinarmas dan Bolug. Juga Sulaiman dan Abah Kiai Mahrus menyampaikan testimoni keberhasilan mulai sejak berdiri sampai sekarang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional